Selasa, 07 Juni 2016

Apa sih ERP System? Apa itu Odoo?

Dijaman yang serba otomatisasi ini kita dituntut untuk serba cepat. termasuk didalam sebuah perusahaan, salah satu solusi untuk automatisasi system didalam perusahaan adalah menggunakan ERP System.

Sekilas tentang ERP System
ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang saling terintegrasi untuk mengkoordinasikan seluruh proses bisnis perusahaan. ERP mengintegrasikan semua departemen didalam perusahaanke dalam satu sistem komputer.

Keuntungan menggunakan ERP System
1.Integerasi data keuangan perusahaan, Data keuangan dapat terintegrasi dengan baik sehingga Top Management bisa mengontrol keuangan perusahaan secara lebih baik.

2.Single Entry, Hanya perlu sekali memasukkan data karena semua akan saling terintegrasi ke semua bagian.

3.Realtime, Proses penyebaran informasi dapat dilakukan saat itu juga ke setiap departemen tanpa harus menunggu.

4. Meningkatkan daya saing perusahaan

Setelah mengetahui sedikit tentang ERP System, sekarang saatnya mengetahui beberapa software ERP yang sudah banyak diketahui masyarakat, salah satunya Microsoft Dynamics, oracleERP, SAP, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi dalam artikel ini akan dibahas sedikit tentang salah satu software ERP yang bersifat Opensource, yaitu Odoo.


Odoo (sebelumnya OpenERP) merupakan open source ERP System yang saat ini sudah banyak digunakan di banyak negara. Odoo didirikan oleh Fabien Pinckaers pada tahun 2002 di Belgia. Odoo dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Python, XML, dan Javascript serta PostgreSQL sebagai databasenya. Didalamnya terdapat berbagai aplikasi bisnis diantaranya Sales, CRM, Human Resource, Warehouse Management, Manufacturing, Finance & Accounting, dan masih banyak lagi yang lainnya. Odoo dibangun dengan menggunakan framework open object dengan arsitektur MVC (Model View Controller)
Posted in 

1 komentar: